GEOGRAFI : Aspek , Ruang Lingkup
dan Objek Studi
Sebelum kita membahas apa itu
arti dari GEOGRAFI, maka kita harus tahu terlebih dahulu sebenarnya geografi
itu belajar tentang apa aja sih ? kuuuy.. ;)
Pelajaran geografi secara garis
besar terdapat 3 persepsi :
1. Geografi merupakan ilmu
pengetahuan yang mempelajari nama-nama sungai, pegunungan, pulau, kota, dan
negara-negara termasuk luas dan jumlah penduduknya.
2. Geografi identik dengan peta,
sehingga ada persepsi bahwa geografi berarti mempelajari membuat peta.
3. Geografi tugasnya adalah
mencatat hal-hal unit dari berbagai tempat dimuka bumi.
Pada dasarnya geografi hanya
mempelajari apa yang terdapat dibumi, baik dipermukaan ataupun didalam bumi.
Dengan demikian semua fenomena yang terjadi dimuka dan didalam bumi, baik yang
alamiah ataupun yang social termasuk juga proses yang mengakibatkan terjadinya
fenomena tersebut akan kita pelajari dalam geografi.
Pada dasarnya geografi hanya
mempelajari apa yang terdapat dibumi, baik dipermukaan ataupun didalam bumi.
Dengan demikian semua fenomena yang terjadi dimuka dan didalam bumi, baik yang
alamiah ataupun yang social termasuk juga proses yang mengakibatkan terjadinya
fenomena tersebut akan kita pelajari dalam geografi.
Jadi apa defenisi dari geografi ?
GEOGRAFI adalah ilmu pengetahuan
mengenai perbedaan dan persamaan gejala alam dan kehidupan dimuka bumi serta
interaksi antara manusia dengan lingkungannya dalam konteks keruangan dan
kewilayahan. (Hasil seminar IGI, 1988)
▼Aspek
geografi
Dari
penjabaran diatas dapat kita simpulkan bahwa geografi hanya mempelajari 2
aspek, yaitu : aspek fisik dan aspek sosial.
1. Aspek
fisik, mengkaji segala fenomena digeosfer (fenomena-fenomena alam) yang
mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Misalnya pola pemukiman yang
mengikuti pola aliran sungai sebagai sumber air, karena air merupakan hal yang
sangat dibutuhkan oleh manusia.
2. Aspek
sosial, mengkaji manusia yang hidup dibumi dan memiliki kaitan dengan fenomena
yang terjadi digeosfer. Misalnya budaya, ekonomi dan politik.
▼Aspek
geografi sebagai pewatas (Ruang Lingkup)
Aspek-aspek
geografi tersebut menjadi pewatas luasnya pembahasan geografi secara
keseluruhan. Dengan adanya pewatas tersebut, maka terdapatlah tiga komponen
utama yang dipelajari dalam ilmu geografi.
1. Geografi Fisik
2. Geografi Sosial
3. Geografi Regional
▼Penjelasan
1. Geografi fisik mempelajari aspek fisik
yaitu peristiwa
atau fenomena dibumi yang berkaitan dengan lingkungan alam, yang terjadi
didarat, laut dan udara yang berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia.
Contoh :
Atmosfer, Hidrosfer, pedosfer,
lithosfer dll.
2. Geografi Sosial mempelajari aspek sosial
yaitu aktifitas
kehidupan manusia dan interaksinya terhadap lingkungan.
Contoh :
Pola pemukiman, kegiatan ekonomi
dll.
3. Geografi regional mempelajari
suatu wilayah tertentu secara menyeluruh baik dari aspek fisik ataupun
sosialnya.
Contoh :
Kepadatan Penduduk di Aceh
Peran Danau Toba dalam bidang
ekonomi masyarakat
▼Objek Geografi
Penjelasan
Objek geografi adalah bagian yang
akan dikaji pada masing-masing ruang lingkup geografi. Pada dasarnya objek
geografi terdiri dari objek material dan objek formal.
▼Objek material
Objek material meliputi fenomena
yang terdapat dan terjadi di geosfer (lapisan bumi).
Contoh :
Lithosfer : Fenomena terbentuknya
batuan.
Atmosfer : Fenomena terjadinya
hujan.
Hidrosfer : Proses penguapan air,
kehidupan didalam laut dll.
Biosfer : Interaksi manusia dan
lingkungan, rantai makanan, Interaksi manusia dan manusia dll.
Pedosfer : Proses terjadinya
tanah, lapisan-lapisan tanah dll.
▼Objek formal
Cara pandang atau cara berfikir
terhadap objek material dilihat dari segi keruangan, kelingkungan, kewilayahan
dan waktu.
1. Keruangan, ditinjau dari nilai
suatu tempat dari berbagai kepentingan. Misalnya letak, jarak, keterjangkauan
dll.
Contoh :
Lokasi yang dipilih untuk
mendirikan fasilitas umum (interaksi manusia), memiliki syarat harus mudah
dijangkau, jaraknya dekat dengan pemukiman penduduk dan letaknya ditempat yang
aman (jauh dari lokasi yang rawan longsor, dsb).
2. Kelingkungan, ditinjau dari
kaitan keadaan dan komponen disuatu wilayah sebagai suatu kesatuan. Komponen
biotik dan abiotik.
Contoh :
Fenomena terjadinya hujan asam,
adalah akibat pencemaran lingkungan air atau udara (abiotik) oleh manusia
pelaku industry (biotik)
3. Kewilayahan,
mempelajari kesamaan dan perbedaan wilayah serta wilayah dengan ciri-ciri khas.
Contoh :
Pewilayahan
(objek material) kawasan gurun, yaitu pengelompokan daerah-daerah karena
daerah-daerah tersebut memiliki ciri-ciri gurun (panas, tidak terdapat rumput,
wilayah berpasir, ada pohon kaktus).
4. Waktu,
perkembangan dan perubahan objek material dari waktu ke waktu.
Contoh :
Perubahan
mundurnya garis pantai dari waktu ke waktu akibat abrasi air laut.
▼Latihan :
1. Tuliskan
definisi geografi !
2. Jabarkan
maksud aspek fisik dan sosial !
3. Aspek
fisik dan sosial berfungsi sebagai pewatas, apa maksudnya ? Jelaskan !
3. berikan
masing-masing satu contoh objek formal dari segi :
a. Keruangan
: _______________________________________
b.
Kelingkungan : _______________________________________
c.
Kewilayahan : _______________________________________
d. Waktu :
_______________________________________
Sekian.
Komentar
Posting Komentar