X-S1-B1-M001 : GEOGRAFI (Aspek , Ruang Lingkup dan Objek Studi)


GEOGRAFI : Aspek , Ruang Lingkup dan Objek Studi


Sebelum kita membahas apa itu arti dari GEOGRAFI, maka kita harus tahu terlebih dahulu sebenarnya geografi itu belajar tentang apa aja sih ? kuuuy.. ;)

Pelajaran geografi secara garis besar terdapat 3 persepsi :
1. Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari nama-nama sungai, pegunungan, pulau, kota, dan negara-negara termasuk luas dan jumlah penduduknya.
2. Geografi identik dengan peta, sehingga ada persepsi bahwa geografi berarti mempelajari membuat peta.
3. Geografi tugasnya adalah mencatat hal-hal unit dari berbagai tempat dimuka bumi.


Pada dasarnya geografi hanya mempelajari apa yang terdapat dibumi, baik dipermukaan ataupun didalam bumi. Dengan demikian semua fenomena yang terjadi dimuka dan didalam bumi, baik yang alamiah ataupun yang social termasuk juga proses yang mengakibatkan terjadinya fenomena tersebut akan kita pelajari dalam geografi.

Pada dasarnya geografi hanya mempelajari apa yang terdapat dibumi, baik dipermukaan ataupun didalam bumi. Dengan demikian semua fenomena yang terjadi dimuka dan didalam bumi, baik yang alamiah ataupun yang social termasuk juga proses yang mengakibatkan terjadinya fenomena tersebut akan kita pelajari dalam geografi.

Jadi apa defenisi dari geografi ?

GEOGRAFI adalah ilmu pengetahuan mengenai perbedaan dan persamaan gejala alam dan kehidupan dimuka bumi serta interaksi antara manusia dengan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan. (Hasil seminar IGI, 1988)

Aspek geografi
Dari penjabaran diatas dapat kita simpulkan bahwa geografi hanya mempelajari 2 aspek, yaitu : aspek fisik dan aspek sosial.

1. Aspek fisik, mengkaji segala fenomena digeosfer (fenomena-fenomena alam) yang mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Misalnya pola pemukiman yang mengikuti pola aliran sungai sebagai sumber air, karena air merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia.
2. Aspek sosial, mengkaji manusia yang hidup dibumi dan memiliki kaitan dengan fenomena yang terjadi digeosfer. Misalnya budaya, ekonomi dan politik.

Aspek geografi sebagai pewatas (Ruang Lingkup)
Aspek-aspek geografi tersebut menjadi pewatas luasnya pembahasan geografi secara keseluruhan. Dengan adanya pewatas tersebut, maka terdapatlah tiga komponen utama yang dipelajari dalam ilmu geografi.
1. Geografi Fisik
2. Geografi Sosial
3. Geografi Regional

Penjelasan
1. Geografi fisik mempelajari aspek fisik yaitu peristiwa atau fenomena dibumi yang berkaitan dengan lingkungan alam, yang terjadi didarat, laut dan udara yang berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia.
Contoh :
Atmosfer, Hidrosfer, pedosfer, lithosfer dll.

2. Geografi Sosial mempelajari aspek sosial yaitu aktifitas kehidupan manusia dan interaksinya terhadap lingkungan.
Contoh :
Pola pemukiman, kegiatan ekonomi dll.

3. Geografi regional mempelajari suatu wilayah tertentu secara menyeluruh baik dari aspek fisik ataupun sosialnya.
Contoh :
Kepadatan Penduduk di Aceh
Peran Danau Toba dalam bidang ekonomi masyarakat

Objek Geografi

Penjelasan
Objek geografi adalah bagian yang akan dikaji pada masing-masing ruang lingkup geografi. Pada dasarnya objek geografi terdiri dari objek material dan objek formal.

Objek material
Objek material meliputi fenomena yang terdapat dan terjadi di geosfer (lapisan bumi).

Contoh :
Lithosfer : Fenomena terbentuknya batuan.
Atmosfer : Fenomena terjadinya hujan.
Hidrosfer : Proses penguapan air, kehidupan didalam laut dll.
Biosfer : Interaksi manusia dan lingkungan, rantai makanan, Interaksi manusia dan manusia dll.
Pedosfer : Proses terjadinya tanah, lapisan-lapisan tanah dll.

Objek formal
Cara pandang atau cara berfikir terhadap objek material dilihat dari segi keruangan, kelingkungan, kewilayahan dan waktu.

1. Keruangan, ditinjau dari nilai suatu tempat dari berbagai kepentingan. Misalnya letak, jarak, keterjangkauan dll.
Contoh :
Lokasi yang dipilih untuk mendirikan fasilitas umum (interaksi manusia), memiliki syarat harus mudah dijangkau, jaraknya dekat dengan pemukiman penduduk dan letaknya ditempat yang aman (jauh dari lokasi yang rawan longsor, dsb).


2. Kelingkungan, ditinjau dari kaitan keadaan dan komponen disuatu wilayah sebagai suatu kesatuan. Komponen biotik dan abiotik.
Contoh :
Fenomena terjadinya hujan asam, adalah akibat pencemaran lingkungan air atau udara (abiotik) oleh manusia pelaku industry (biotik)

3. Kewilayahan, mempelajari kesamaan dan perbedaan wilayah serta wilayah dengan ciri-ciri khas.
Contoh :
Pewilayahan (objek material) kawasan gurun, yaitu pengelompokan daerah-daerah karena daerah-daerah tersebut memiliki ciri-ciri gurun (panas, tidak terdapat rumput, wilayah berpasir, ada pohon kaktus).

4. Waktu, perkembangan dan perubahan objek material dari waktu ke waktu.
Contoh :
Perubahan mundurnya garis pantai dari waktu ke waktu akibat abrasi air laut.



Latihan :
1. Tuliskan definisi geografi !
2. Jabarkan maksud aspek fisik dan sosial !
3. Aspek fisik dan sosial berfungsi sebagai pewatas, apa maksudnya ? Jelaskan !
3. berikan masing-masing satu contoh objek formal dari segi :
a. Keruangan : _______________________________________
b. Kelingkungan : _______________________________________
c. Kewilayahan : _______________________________________
d. Waktu : _______________________________________

Sekian.

Komentar